Cara Menghilangkan Ketombe yang Mudah untuk Dicoba

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi dengan ketombe. Masalah kulit kepala satu ini menyebabkan rasa gatal dan juga mempengaruhi penampilan. Belum lagi jika sedang berkeringat, ketombe bisa menimbulkan bau tidak sedap. Nah, kalau kamu sedang cari solusi cara menghilangkan ketombe, artikel ini akan memberi kamu solusinya.

Ketombe bisa menjadi indikator kebersihan serta kesehatan rambut dan kepala. Memiliki rambut yang bersih wangi dan sehat bisa menambah kepercayaan diri seseorang. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe dan apa saja penyebabnya. Cari tahu selengkapnya! 

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 

Ketombe merupakan penyakit kulit kepala ringan yang disebut dengan dermatitis seboroik, kondisi ini merupakan salah satu jenis radang atau iritasi yang menyebabkan kulit kepala bersisik dan berubah warna menjadi putih. 

Ketombe masuk dalam jenis penyakit kulit kepala ringan dan tidak menular, sayangnya orang yang memiliki ketombe sering merasa tidak nyaman karena gatal dan merasa kurang percaya diri. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa kamu coba : 

1. Menggunakan Tanah Liat 

Tanah liat selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan gerabah dan keramik juga bermanfaat menghilangkan ketombe bandel. Ambil tanah liat secukupnya, campurkan dengan sedikit air kemudian olesi sampai teksturnya lembut. 

Masker ini bisa langsung digunakan tanpa harus membasahi rambut terlebih dulu,  pijat-pijat sebentar setelah itu bilas dengan air mengalir sampai bersih, terakhir keramas menggunakan shampo favorit untuk menghilangkan bekas tanah. Tanah liat yang lengket sangat ampuh menghilangkan ketombe sekaligus. 

2. Minyak Kelapa 

Ketombe juga bisa disebabkan karena kulit kepala kering. Minyak kelapa memiliki kemampuan menghidrasi kulit dan juga antimikroba yang bisa mencegah timbulnya jamur penyebab infeksi. 

Penggunaan minyak kelapa secara rutin bisa mencegah ketombe. Minyak kelapa digunakan sebelum keramas. Caranya, ambil 2 sendok makan minyak kelapa, kemudian aplikasikan ke kulit kepala dan pijat sebentar, lalu diamkan selama 30 menit. Jika sudah langsung lanjut keramas dan bilas dengan air bersih. 

3. Minyak Sereh 

Minyak sereh mengandung antimikroba dan anti radang yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Minyak sereh digunakan ketika ingin keramas. 

Caranya adalah dengan mencampurkan 2-3 tetes minyak sereh ke dalam shampo favorit, kemudian lakukan aktivitas keramas seperti biasa dan bilas dengan air bersih, untuk hasil optimal ulangi cara ini 2 kali seminggu. 

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Shampo Anti Ketombe 

Menggunakan shampo anti ketombe merupakan cara paling praktis untuk mengatasi masalah ini. Bahan-bahan dalam shampo anti ketombe biasanya sudah diformulasikan khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. 

Bahan aktif yang umum ada dalam sampo anti dandruff diantaranya adalah selenium sulfida sebagai anti jamur, tar, dan zinc pyrithione. Gunakan conditioner setelah keramas supaya rambut terlihat berkilau, sehat, dan halus. 

Daftar shampo anti ketombe terbaik di bawah Rp50.000:  

  • Head & shoulders menthol dingin + 
  • Dove dandruff care shampoo 
  • Clear superfresh apple anti dandruff
  • Pantene shampoo anti ketombe mengatasi ketombe dan rambut rontok karena patah 
  • Tresemme scalp care shampoo anti ketombe dan rambut rontok 
  • Kiehl’s amino acid shampoo 
  • Sunsilk hijab refresh & anti dandruff 
  • Selain blue 5 shampoo 
  • Rudy hadisuwarno dandruff defense shampoo 

Selain karena infeksi, ketombe juga bisa disebabkan karena kulit kepala kering, terlalu berminyak, kotor, dan jarang keramas. Pada dasarnya ketombe tidak berbahaya, walaupun begitu ketombe yang dibiarkan bisa menimbulkan masalah lain seperti kerontokan rambut. 

Cara menghilangkan ketombe paling ampuh untuk mencegah ketombe adalah dengan menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut, oleh sebab itu sering-seringlah keramas minimal 2 hari sekali atau lebih sering jika rambut kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.